Hiking lagi Sabtu kemarin, Sangkuriang – Sungai Cikapundung

Gak seru kalau Sabtu gak hiking… sekarang kegiatan ini jadi bikin ketagihan dan bikin saya pengen nulis terus tentang ngapain saja kita di jalan.

OK, ceritanya Sabtu kemarin 22.07.17 Arsten, Saya dan Arnold kembali hiking. Kali ini tempatnya cukup seru buat diliput. Berhubung kita jalan bareng BPT (Bandung Psychological Training) maka track-nya mereka yang tentuin.. kita tinggal ikut saja.

Biasanya sebelum mulai perjalanan, BPT selalu ajak anak-anak untuk doa bersama supaya perjalanan jadi lancar dan menyenangkan serta bermanfaat buat yang ikutan.

20170722_080917.jpg

itu Arsten yang pakai topi biru dan tas biru muda nyempil di tengah-tengah.

Perjalanan mulai dari belajar baris dulu… supaya anak-anak jadi satu line. Berhubung hari itu anak-anak kecil yang ikut cukup banyak, maka ada beberapa kakak-kakak pembimbingnya yang baru. Makin seru deh hiking kita kali ini. Yuk, lihat gimana mereka jalan.

20170722_081344

wajib baris dulu bikin LINE supaya gak saling balap-balap-an. Lihat deh Arsten sadar kamera…

Track dimulai dari jalan-jalan di tangga-tangga curam ini… kita masuk ke kebun-kebun penduduk. Kebun pisang bisa kita lihat sepanjang jalan. Sedikit seperti hutan, tapi sangat bersih dan cukup terawat.

Menurut saya, anak-anak pasti lumayan cape nih kalau lihat track awalnya saja udah pakai tangga-tangga curam. Lihat deh…

20170722_083657

Tangga-tangga curam ini jadi track sepanjang hiking kali ini, lumayan nguras tenaga plus bikin betis otot-an nih.

Sepanjang jalan, saya dan Arnold terheran-heran, bisa lho penduduk disini bikin rumah yang berundak-undak, mepet kanan dan kiri. Lihat deh, pemandangan kita… gak heran kalau Bandung itu kota kreatif… sampai bikin rumah saja super kreatif sampe bisa tinggi ke bawah dan berundak-undak turun ke bawah.

20170722_084200

Menurut saya pemandangan ini mirip lah sama di film-film Korea…

Gak heran kalau lihat view kece kaya gini, saya dan Arnold ya selfie donk…

20170722_083342

20170722_083436

Mural sepanjang jalan ini bikin kampung ini menjadi seperti kampung kreatif yang memang bisa jadi asset kece buat foto-foto.

20170722_083459

Lanjut ya… perjalanan masih panjang… ternyata kita harus menyebrangi jembatan Sungai Cikapundung dan saya baru nyadar sungai ini kalau bersih kece juga lho…

20170722_084110

Sudah bersih… thanks to pemerintah dan Bapak-Bapak yang bersih-bersih, plus penduduk sekitar yang sudah sadar akan kebersihan.

20170722_084144

kece kan ? Kalau gak pernah hiking, kayanya kita gak pernah kesini, dan nemuin spot keren.

20170722_084401

Beberapa signage dipasang oleh Pemkot Bandung untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya jaga lingkungan.

Lanjut jalan, kita harus naik tangga lagi yang super tajam dan menyusur makam-makam penduduk sekitar… yuk ah, buru-buru takut ada yang “ikut”…

20170722_084614

tuh tangganya… curam banget…pantas rumah-rumah ini bisa terlihat berundak-undak.

20170722_090213

Ya ini makam yang tadi saya bilang… Oiya… depan saya itu salah satu pembimbing hiking yang bawa anaknya.. hebat lho… masih kecil dah ikut papahnya hiking… two thumbs up ! papahnya juga dikasih jempol, karena hampir setengah perjalanannya harus gendong si baby… #daebak

Akhirnya setengah perjalanan, anak-anak istirahat sambil lihat sikon sekitar alias bapak-bapak yang bersihin kali dari sungai Cikapundung. Om Anas (pembimbing yang pakai baju orange di foto di bawah ini) adalah salah satu leader perjalanan ini yang banyak ceritain anak-anak tentang apa saja sih yang ada di jalan. Selain itu ada Bu Rina yang hebat juga.. kasih ilmunya sepanjang jalan (sayang dia gak kefoto). Yang pasti sih Bu Endah dan Pa Miki yang gak berhenti ngomong sepanjang jalan, plus kakak-kakak yang masih muda-muda juga kece banget menge-lead anak-anak ini.

20170722_090449

Inilah potret anak-anak hebat Indonesia yang bakal jadi insan-insan aset negara… they’re strong and no fear… again… four thumbs up (pake jempol tangan dan jempol kaki).

20170722_090621

Lanjut ke track berikutnya… gak sabar nih.. pengen babasahan…

Ya, akhirnya kita sampai ke jalur sungai Cikapundung.

20170722_091718

Anak-anak harus ngikutin jalur untuk seberang sungai. Ternyata sungai ini adalah sungai yang biasa kita lihat dari pinggir Jl. Siliwangi… yuk ah… intip dari atas…

20170722_092014

Arsten so happy ketemu air… merem deh airnya bersih apa kotor.. bodo amat, yang penting dia sehat dan happy…

20170722_092111

lihat deh dia berani sendiri…. acung jempol lagi…

20170722_092201

Dan anak-anak hebat serta pembimbingnya yang super hebat ini bisa sampai ke sisi sungai.

20170722_092258

Lihat deh… sampai pada gak mau udahan.. saking senengnya panas-panas keringetan terus ketemu air… feel heaven…. adem…

20170722_092444

Berhubung saya dan Arnold gak mau basah, ya kita capture bocah-bocah ini aja dari atas… (view dari taman Cikapundung pinggir Jl. Siliwangi).

Setelah versi basah-basahan selesai, kita tetap harus tracking lagi melewati tangga-tangga curam sepanjang kebun.

20170722_092804

Ibu depan saya ini kecapean sampai ngos-ngosan… wkwkwkwk.. tenang Bu, you’re not alone.. saya juga pegel.

20170722_093130

Warung-warung INDOMIE ini menghiasi perjalanan menuju track berikutnya…

Track terakhir yang harus dilalui anak-anak selanjutnya adalah CLIMBING… horeeey !

20170722_093815

lihat deh Arsten climbing… 

20170722_093829

Berhasil lho.. kece banget nih anak.. maminya gimana ya??? lewat tangga aja ah.. #licik

Sepanjang perjalanan ini anak-anak bisa lihat banyak sekali pemandangan dan aktifitas penduduk yang sederhana tapi meaningful.

20170722_091234

Warung-warung yang jual sayuran dan kue-kue jajanan mengajarkan anak-anak bahwa cari duit bisa dimana saja walapun di kampung-kampung seperti ini.

20170722_082425

Kucing-kucing yang jemuran… bisa dipegang kalau gak takut…

20170722_083115

cakep ya tatapannya… tajam…

20170722_084412

Entah pohon apa namanya, tapi bagian putih-putih diatasnya bisa dihisap dan katanya rasanya manis…. mmm…. nyum nyum.. coba ah !

20170722_094445

Kebun kece ini juga bikin pengen difoto… walaupun sebelah kanan ada pantat si Bapak yang lagi bersih-bersih… #maapyapa

And last saya mau bilang… hiking tuh memang cari cape… tapi seru, banyak knowledge dan sehat yang bisa didapat. Arsten sih dapat soulmate kecil barunya nih…

20170722_075315

Dede kecilnya yang dari pagi dah gandengan mau ikutan hiking.

Seru ya… yuk hiking lagi Sabtu depan.. mau colek teman-teman sekolahnya Arsten yang lain ah.(Matthew, Jayden, Ega, Edsel, Alexa) … yuk ikutan biar sehat…

Tar kalau sempat saya buatin video selama perjalanan ya… tungguin saja… see ya…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s